Kabar UPT

Indeks Berita UPT Kementerian Hukum dan HAM RI

Sosialisasi Layanan Antar Jemput Barang Bukti (AJENG) dengan Aparat Penegak Hukum Terkait

WhatsApp_Image_2024-09-10_at_14.17.24.jpeg

Rupbasan Kelas I Yogyakarta menyelengarakan Kegiatan Sosialisasi Layanan Antar Jemput Barang Bukti (AJENG) Selasa, 10 September 2024  yang diikuti oleh 27 peserta dari Aparat Penegak Hukum terkait, bertempat di Ruang Rapat Ingkung Grobog Yogyakarta.

WhatsApp_Image_2024-09-10_at_14.17.23.jpeg

Layanan Antar Jemput Barang Bukti (Ajeng) merupakan salah satu inovasi pelayanan publik yang disediakan oleh Rupbasan Kelas I Yogyakarta untuk mempermudah proses pengelolaan benda sitaan dan barang rampasan negara. Layanan ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan pihak-pihak yang terkait, seperti penyidik, kejaksaan, atau pengadilan, dalam proses penyerahan dan pengambilan barang bukti tanpa harus datang langsung ke Rupbasan. Layanan ini memfasilitasi proses pengiriman dan pengambilan barang bukti dengan menyediakan armada atau kendaraan yang siap menjemput dan mengantar barang bukti dari dan ke lokasi yang telah ditentukan sehingga dapat berjalan lebih lancar dan efisien.

Manfaat Layanan Ajeng

  • Efisiensi Waktu dan Tenaga: Penyidik atau pihak terkait tidak perlu datang langsung ke Rupbasan, sehingga bisa lebih fokus pada tugas-tugas lainnya.
  • Keamanan Barang Bukti: Proses pengantaran dan penjemputan barang bukti dilakukan oleh petugas Rupbasan yang berpengalaman, menjamin keamanan dan integritas barang selama proses pengangkutan.
  • Kepatuhan terhadap Prosedur Hukum: Layanan Ajeng tetap mematuhi prosedur hukum yang berlaku dalam pengelolaan barang bukti, sehingga setiap barang bukti yang diantar atau dijemput tercatat secara resmi dan terdokumentasi dengan baik.

Prosedur Penggunaan Layanan

  • Permohonan Layanan: Pihak yang membutuhkan layanan Ajeng dapat mengajukan permohonan ke Rupbasan Kelas I Yogyakarta, melalui nomor WA Center.
  • Penjadwalan dan Verifikasi: Setelah permohonan diterima, petugas akan menjadwalkan waktu penjemputan atau pengantaran, serta melakukan verifikasi barang bukti yang akan diangkut.
  • Proses Antar Jemput: Petugas Rupbasan akan menjemput atau mengantar barang bukti ke lokasi yang telah disepakati, dengan memastikan setiap tahapan terdokumentasi.

WhatsApp_Image_2024-09-10_at_14.17.23_1.jpeg

Layanan Ajeng adalah salah satu upaya inovatif dari Rupbasan Kelas I Yogyakarta untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, khususnya dalam hal pengelolaan barang bukti yang aman dan efisien, (10/9).

logo besar kuning
RUMAH PENYIMPANAN BENDA SITAAN NEGARA KELAS I  YOGYAKARTA
 
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Taman Siswa No.8, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55151
PikPng.com phone icon png 604605   085293325043
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    rpbsn.yogyakarta@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    rupbasanyk@gmail.com

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logouptpas
 
RUPBASAN KELASS I YOGYAKARTA
PROVINSI D.I YOGYAKARTA


  twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Jl. Taman Siswa No.08, Gunungketur, Kec. Pakualaman
Kota Yogyakarta, DIY 55151
PikPng.com phone icon png 604605   085293325043
PikPng.com email png 581646   rpbsn.yogyakarta@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   rupbasanyk@gmail.com

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI